7 Persiapan yang Harus Dilakukan Demi Menyambut Libur Akhir Tahun

By dudukpalingdepan - 2:40:00 PM

sumber: queenstownnz.co.nz


Euforia akhir tahun memang selalu terasa spesial. Tidak saja karena perayaan Natal dan Tahun Baru, tetapi libur panjang ini juga dianggap sebagai momen yang pas untuk berefleksi sekaligus beresolusi. Tak heran, sebagian besar orang sangat menanti tibanya momen tersebut dengan serangkaian perencanaan.


Mengingat libur akhir tahun tergolong sebagai peak season, pastinya akan diiikuti dengan serentetan kenaikan ongkos akomodasi. Tak hanya perlu menyisihkan bujet ekstra, beragam perencanaan lain juga harus disiapkan secara matang demi momen liburan yang seru dan menyenangkan.

Nah, berikut beberapa hal penting yang harus Anda siapkan sebelum momen libur akhir tahun tiba.

1. Selesaikan Pekerjaan


Agar bisa berlibur dengan tenang, penting bagi Anda untuk terlebih dulu menyelesaikan tugas-tugas kantor atau tanggung jawab pekerjaan. Jangan malas untuk mengerjakan tugas meski deadline pekerjaan tersebut tidak terlalu mendesak.. Dengan begitu, tak akan ada beban pikiran dan Anda bisa menikmati momen berkumpul bersama keluarga, teman, atau pasangan dengan lebih menyenangkan.

2. Rencanakan Liburan


delsol.com

Penting bagi Anda untuk merencanakan libur akhir tahun dari jauh-jauh hari. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan waktu yang harus disesuaikan dengan kewajiban Anda sebagai karyawan.

Misal, jika jatah cuti masih ada,  Anda bisa memanfaatkannnya untuk memperpanjang hari libur dari Natal hingga tahun baru. Dengan tambahan hari libur ini, tentu momen kebersamaan bersama orang terkasih akan terasa lebih menyenangkan.

Namun, ketika akan mengajukan cuti, pastikan Anda mengambil hari dan tanggal yang tepat. Jangan sampai cuti tersebut mengganggu atau bahkan membuat kerepotan di tempat kerja, terlebih jika posisi Anda terbilang penting.

3. Tentukan Destinasi dan Buat Jadwal Perjalanan (Itinerary)

Mau berlibur ke mana' adalah hal penting yang harus Anda pastikan sejak awal merencanakan libur akhir tahun. Usahakan Anda bisa menentukan destinasi tujuan secepatnya, agar tidak menghambat langkah selanjutnya. Semakin cepat ditentukan, semakin cepat pula Anda mengurus persiapan lain seperti bujet, transportasi, dan akomodasi. Bahkan, jika Anda berniat untuk berwisata ke luar negeri, visa dan paspor juga bisa segera diurus.

Bagi Anda yang tidak memungkinkan datang ke agen travel, keberadaan berbagai OTA (online travel agent) seperti Nusatrip bisa dimanfaatkan. Melalui situs ini Anda bisa mendapat referensi terkait beragam destinasi tujuan. Tak hanya itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan Nusatrip promo, baik berupa voucher, kupon, ataupun potongan harga tiket. Cek info nusatrip promo terbaru atau pantau laman Shopback untuk informasi lebih lanjut.

Setelah itu, segeralah susun rencana perjalanan. Mulai dari jadwal keberangkatan, aktivitas selama di kota tujuan, hingga jadwal pulang.

4. Persiapan Finansial


sumber: expertbeacon.com

Setelah membuat itinerary, Anda juga harus membuat rincian anggaran kebutuhan liburan. Hal ini penting guna mengatur keuangan Anda tidak jebol oleh beragam biaya tak terduga. Hitunglah dengan cermat berapa biaya untuk transportasi, penginapan, uang makan, hingga uang belanja suvenir. Jangan lupa untuk senantiasa mengaktifkan akun ShopBack agar Anda bisa mendapatkan beragam informasi promo menarik. Entah itu untuk kebutuhan transportasi, hotel, atau bahkan berbelanja.

5. Persiapkan Kondisi Fisik


Selain persiapan liburan, kondisi fisik juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Jangan sampai Anda terlalu fokus pada penyelesaian pekerjaan dan persiapan berlibur, hingga mengesampingkan masalah kesehatan. Anda tentu tidak ingin momen liburan hancur karena sakit atau kelelahan, bukan?
Jadi, jangan lupa untuk tetap menjaga asupan makanan sehat dan vitamin agar stamina tubuh tidak terganggu. Hindari pula lembur berlebihan atau begadang, karena hal tersebut juga berdampak buruk pada sistem imun dan stamina Anda.

6. Pastikan Rumah dalam Keadaan Bersih


sumber: cleanmyspace.com

Sebelum pergi berlibur, pastikan rumah dalam keadaan bersih saat ditinggalkan. Selain demi kebersihan dan kesehatan, hal Ini juga dapat berpengaruh terhadap mood (suasana hati) Anda. Coba bayangkan ketika Anda tengah pulang dari berlibur dalam keadaan capek, dan harus melihat rumah dalam kondisi berantakan, tentu akan menimbulkan kekesalan tersendiri. Berbeda jika rumah telah dalam keadaan bersih, Anda bisa langsung beristirahat dengan nyaman.

7. Atur Kegiatan Pascaliburan


Sepulangnya dari berlibur, umumnya masih ada rasa malas untuk kembali beraktivitas. Badan seolah mengalami lelah berkepanjangan dan kebutuhan tubuh untuk beristirahat atau berleyeh-leyeh meningkat drastis.

Tentu, hal ini tak bisa dibiarkan. Karenanya, aturlah jadwal kegiatan pascaliburan untuk kembali menormalkan ritme kerja tubuh. Hal ini juga penting demi mempersiapkan tubuh agar kembali sehat, bugar, dan siap beraktivitas kembali.

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum menikmati libur akhir tahun. Setelah semuanya selesai, Anda pun bisa menikmati momen berlibur bersama keluarga dengan seru dan menyenangkan.

Baca Juga Artikel Populer di Blog ini : 
Tips Lulus CPNS Murni

  • Share:

You Might Also Like

17 komentar

  1. Aku udah nggak betah nih di rumah gara2 si bapak nggak bisa cuti. Tapi anak2 betah banget mager. Diajak ke mall aja ogah. Mungkin karena udah capek tiap hari sekolah kali ya?

    ReplyDelete
  2. Yup pas banget momentnya mau liburan bisa nemu artikel bermanfaat ini...setiap poinnya sangat penting untuk diingat

    ReplyDelete
  3. Wah persiapannya sudah kece nich Mbak...Semoga libur di tahun baru ini menyenangkan yach.... Lebih menyenangkan lagi kalau saat KE Luar Kota dan harus naik pesawat tiketnya pesan di NUSATRIP VIA SHOPBACK, CACHBACKnya Gede Loh.... :)

    ReplyDelete
  4. Siap laksanakan. Yuk nikmati libur taun baru...

    ReplyDelete
  5. Mau liburaaaan hehhe aku paling seneng jalan2 mba cz dulu anak rumahan siy

    ReplyDelete
  6. setujuu beresin rumah dulu sebelum bepergian liburan, biar pas pulang nanti gk kaget berantakan hehe

    ReplyDelete
  7. Untuk yang nomer 1, saya bukan "menyelesaikan pekerjaan", tapi mendelegasikan pekerjaan kepada rekan yang nggak cuti. Kalau yang namanya kerjaan nggak akan selesai, pasti selalu ada lanjutannya. (Nasib jadi buruh.)

    ReplyDelete
  8. tiap kali liburan, walo hanya deket tujuannya, aku slalu terapin poin 3, bikin itin :). utk thn baru nanti juga. mungkin krn basically aku tipe planner banget, jd ngerasa tenang aja kalo ada plan2 yg udh dibuat utk liburn.ga melenceng kemana2 nantinya. back up plan pun aku buat, jaga2 kalo plan utamanya ga bisa dilakuin krn suatu hal :)

    ReplyDelete
  9. Tips-tipsnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  10. Tips nya dapat dicontoh tuh hehe

    ReplyDelete
  11. Hayuk pergi liburan, terima kasih tips nya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  12. aq akhir tahun gak pernah liburan, selalu dirumah aja, jadi kayanya cuma nyelesein yang nomor 1 aja tuh mbak, biar pas liburan gak ada wa apa telpon dari kantor nanyain kerjaan, hihihi

    ReplyDelete
  13. liburan ke mana bu? heheh... selain finansial yang urgent banget saya tenaga, buat bawa diri aja sudah capek apa lagi bawa kerucil kayak nya perlu extra tandon tandon siap siap tenaga. :D

    ReplyDelete
  14. Membuat rincian anggaran itu yang paling sulit, dan biasanya nanti membengkak diluar perkiraan. Uang belanja souvenir atau oleh-oleh menjadi membengkak.

    ReplyDelete
  15. Kalau aku nih kak nomor 1 jadi selesaikan skripsi wkwk

    Ehh kok malah curhat

    ReplyDelete
  16. Kalau saya malah baru pulang liburan, balik-balik lanvsung radang dan batuk menggila huhuhu
    ini lah pentingnya menjaga kesehatan dan mempersiapkan tubuh biar pulangnya ga drop

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.