Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Tips Aman Memilih Travel Umroh

source : pixabay
Menjalankan ibadah umroh dan haji merupakan impian semua umat Islam. Hanya saja memang butuh kemampuan materi dan kesehatan untuk sampai ke tanah suci Mekkah. Meskipun hanya bisa sekali seumur hidup, banyak umat Muslim yang berjuang agar bisa sampai kesana. 

Saya sendiri memasukkan impian untuk berangkat haji dan umroh ke dalam bucket list. Saya yakin dengan niat baik, InsyaAllah  akan diberikan jalan. Mengingat antrian haji di Indonesia cukup lama, bisa belasan sampai puluhan tahun maka ibadah umroh menjadi solusi kerinduan dan panggilan hati umat yang ingin beribadah langsung di depan ka'bah. 

Ngomongin ibadah umroh, tentu kita ingat kasus penipuan travel umroh yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Sedih melihat banyaknya jamaah yang tidak jadi berangkat. Terutama jamaah yang harus menabung bertahun-tahun, sedikit demi sedikit, agar bisa beribadah umroh. 

Saya bahkan membahasnya dengan ayah saya yang seorang pensiunan kantor Kementrian Agama, beliaupun pernah mengurus keberangkatan jamaah dan alhamdulillah semua berhasil berangkat. Dari obrolan bersama ayah, saya jadi tahu ciri-ciri travel umroh dan haji yang aman. 

Berikut tips untuk memilih travel umroh/haji :

Hindari MLM atau Money Game

Pernah nggak dapat promo agen travel yang bilang cukup bayar DP sekian juta, maka bisa langsung jadi member. Dengan syarat mengajak sejumlah orang, maka nanti akan dapat potongan biaya umroh atau bahkan umroh gratis. 

Terdengar menggiurkan memang, tapi justru kita wajib waspada. Karena beberapa agen travel bodong memainkan modus yang serupa untuk menjaring jamaah sebanyak-banyaknya. Awalnya sih memang beberapa orang akan diberangkatkan sebagai penguat testimoni, tapi setelah terkumpul banyak malah uangnya dibawa lari. 

Jadi lebih baik memilih travel umroh yang jelas, tanpa embel-embel MLM atau Money Game. 

Perhatikan Paket Harga yang Ditawarkan

Boleh-boleh saja memilih agen travel yang menawarkan paket umroh murah. Tapi, pastikan harga termurahnya sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Yaitu sekitar dua puluh juta rupiah. 
Paket umroh sesuai standar (umroh mustajab)

Bisa saja kita dapat harga di bawah standar tapi pastikan kita benar-benar kenal pemiliknya. Uangnya pun hanya disetor ketika beberapa minggu sebelum berangkat. Bukan dari satu-dua tahun sebelumnya. 

Lebih baik bayar sesuai standar atau lebih tapi memang pasti berangkat dan fasilitas yang diberikanpun bagus. Daripada mengharap harga murah malah nggak berangkat sama sekali karena tertipu. 

Pilih Agen Travel yang Memiliki Izin

Jika agen travel sudah memiliki izin dari Kementrian Agama, tentu hati kita akan menjadi lebih tenang. Karena jika terjadi sesuatu maka kemenag akan turut bertanggung jawab. Biasanya agen trael yang sudah diberikan izin memang agen yang terpercaya.



Cek Alamat Kantornya

Agen terpercaya pasti memiliki kantor sungguhan dengan alamat yang jelas. Hati-hati kalau ada travel umroh dengan alamat yang nggak jelas. Agar lebih yakin jika ingin mendaftar, langsung datang ke kantornya. Sehingga bisa bertemu langsung dengan orang-orang yang bekerja disana bahkan dengan pemiliknya. 

Perhatikan Rekam Jejaknya

Nggak ada salahnya kok sebelum mendaftar di suatu agen, kita cek dulu media sosialnya apakah ada foto-foto kegiatan jamaah yang sudah diberangkatkan? atau cek testimoni yang diberikan oleh jamaah yang pernah memakai jasa agen travel tersebut. Jika ada kenalan yang pernah memakai jasa agen tersebut, kita juga bisa menanyakannya secara langsung.

elmarwa-umroh mustajab

elmarwa-umroh mustajab


Cek Rute dan Fasilitas yang Diberikan

Seperti poin sebelumnya, boleh-boleh saja memilih travel umroh murah. Namun selain memastikan harganya sesuai standar yang ditetapkan pemerintah, cek juga rute dan fasilitas yang diberikan. Kalau bisa penginapannya nggak terlalu jauh dari tempat ibadah, makanannya cukup, ada pembimbing, dan diajak juga berwisata ke tempat bersejarah. 

Sekarang banyak juga agen travel yang menawarkan umroh sekalian dengan jalan-jalan ke negara-negara muslim. Bahkan ada juga travel yang menawarkan paket umroh murah ramadhan. Menikmati ibadah puasa di Indonesia saja sudah menyenangkan dan terasa sekali suasananya, apalagi di Mekkah dan madinah. 

Dengan memeriksa rute dan fasilitas dari awal, kita bisa mempersiapkan diri dan barang-barang yang dibutuhkan sebelum keberangkatan. 
***
Itu dia tips aman memilih travel umroh/haji dari ayah saya yang memang sudah berpengalaman memberangkat jamaah dulu waktu masih bekerja di bidangnya. Sayangnya ayah saya nggak ada minat buka bisnis agen travel. Padahal kalau ayah saya buka agen travel kan saya bisa umroh gratis *nggak modal :p*.

Kalau teman-teman ada tips tambahan, atau mau berbagi pengalaman umroh/hajinya, boleh sharing di kolom komentar, ya. Doakan saya juga bisa segera melaksanakan ibadah umroh/haji. 



9 comments on "Tips Aman Memilih Travel Umroh"
  1. emang sekarang banyak yang memanfaatkan kejujuran dan niat baik kita. Thanks infonya manfaat banget

    ReplyDelete
  2. Target aku 3 tahun lagi Umroh teh.. Semoga terlaksana. Makasih mbak sharing tentang tips memilih travel umroh nya..

    ReplyDelete
  3. informatif sekali nih, terakhir Ibu saya umroh dengan travel ternama, ternyata setelahnya kena kasus juga travel itu.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya mbak Enny..
    kayaknya memang mesti hati-hati betul dalam memilih lembaga Umroh..capek sedikit buat tanya2 dan memastikan langsung bahkan ke Kemenag itu lebih aman ketimbang asal percaya, apalagi kalau yang nawarin sodara atau tetannga, kerasanya bener, padahal ya mesti di cek juga sih.

    ReplyDelete
  5. Jangan asal murah ya, lebih baik luangkan waktu dan tenaga untuk mencari yang benar-benar terpercaya ...

    ReplyDelete
  6. Aduh doakan ya Bun aku dan suami bisa naik haji juga. Oh ya Bun template blognya baru ya? Kerennnn. Sukaaa 😍

    ReplyDelete
  7. Kalau keluargaku biasanya memakai agen travel yang emang udh langganan keluarga besar, udah gak ada lagi rasa waswas karena udh terbukti berkali-kali hehe

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  8. Memang ceknya harus detail sih, terlebih akan lokasi takutnya pas di cek ternyata gak ada.
    Terima kasih sharingnya, Teh. Semoga bermanfaat juga buat yang lainnya :)

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9