Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Lima Ide Menulis Blog


"Saya sudah punya blog, tapi bingung mau nulis apa"
"Pengen sih bikin blog, tapi malu ah nulisnya. Cerita hidup saya nggak menarik"
"Maunya sih produktif ngeblog, tapi idenya belum muncul nih"
Saya menemukan komentar-komentar seperti itu di grup-grup komunitas blogger dan ada juga yang langsung curhat sama saya. Apa teman-teman pernah dengar komentar serupa? atau malah pernah mengucapkan hal yang sama?

Sebenarnya ide itu banyak banget lho. Ada jutaan cerita di dunia ini yang bisa kita tulis. Kalau mau lebih spesifik lagi tentang kehidupan kita, bukan berarti idenya menjadi sedikit. Makanya kali ini saya mau kasih lima ide menulis blog yang bisa teman-teman adopsi disaat kebingungan "mau nulis apa" melanda.

Pengalaman Hidup



Jangan pernah merasa hidup kita nggak menarik untuk dibagikan dalam cerita. Siapa tahu justru pengalaman kita bisa memberikan solusi kepada orang lain yang bernasib sama. Hanya saja penyajiannya yang perlu diperhatikan. Prinsip saya adalah "menulislah dengan hikmah". Saya yakin setiap kejadian yang kita alami yang baik ataupun yang buruk pasti ada hikmahnya. 

Misalnya kita pernah ditinggal pas lagi sayang-sayangnya *curcol,shay? :p* dan itu membuat hati kita remuk rendam, hancur berantakan, patah berkeping-keping, luluh lantak bagaikan dedaunan yang rontok diterpa angin kencang. Nah tuliskanlah pengalaman patah hati itu. Tapi isinya bukan tentang ratapan sedih atau makian terhadap mantan ya. Coba tuliskan juga bagaimana cara kamu untuk bisa bangkit dan menyusun kembali puing-puing hati yang patah itu. 

Hal itu tentu akan bermanfaat bagi pembaca. Siapa tahu tulisan kamu bisa menyelamatkan seseorang yang hampir bunuh diri karena patah hati. 

Saya sendiri nggak menyangka bahwa tulisan pengalaman mengikuti tes CPNS Kemenkumham pada tahun 2012 mengundang puluhan ribu pembaca ke blog ini. Sampai-sampai masuk media online juga. Dan yang paling menyenangkan itu ketika saya dapat banyak email kalau tulisan saya menjadi gambaran mereka sebelum tes CPNS sampai bisa lulus. 

Bahagia banget kalau tulisan pengalaman kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Hobi tersalurkan, insyaaAllah pahala pun didapatkan

Kalian pasti punya banyak pengalaman hidup kan? ayo bagikan lewat tulisan.

Hobi


source : pixabay
Setiap orang pasti punya hobi. Entah itu membaca, menulis, menjahit, bermain musik, main game, dan masih banyak lagi. Kenapa nggak menuliskannya ke dalam blog? Kalian bisa ceritakan kenapa menyukai hal tersebut sebagai hobi, atau membagikan pengetahuan seputar hobi tersebut. Misalnya membagi tips dan trik bermain game, atau tutorial membuat bros bunga dari kain perca. 

Kalau menulis tentang hobi biasanya jadi lebih enjoy  karena kita bercerita tentang sesuatu yang disukai.

Keahlian


Berprofesi sebagai pengusaha? pelukis? dokter? kenapa nggak membagikan pengetahuan dan keahlian kalian ke dalam blog. Misalnya dokter bisa membagikan ilmu kesehatan, pelukis bisa menuliskan jenis-jenis cat warna yang bagus, atau pengusaha bisa membagikan tips-tips untuk menaikkan omset bisnis. Pembaca tentu lebih mempercayai kebenaran tulisan jika dibagikan oleh orang yang ahli di bidangnya.

Rasanya topik juga nggak akan habis karena dalam profesi dan keahlian kita selalu ada hal baru yang bisa dibagikan. Nggak perlu bingung juga mencari refrensi karena kita sudah paham teori-teorinya.


Review Produk



Kalau bingung mau menulis mulai darimana, coba aja dengan mengulas produk. Nggak usah jauh-jauh, mulailah mereview produk yang memang kita suka atau kita pakai dalam keseharian. Bisa make up, obat-obatan, gadget, film, buku, produk-produk untuk ibu dan anak, tempat makan, dan tempat wisata.

"Kenapa sih blogger menulis review ?"

Jawabannya tentu untuk membantu banyak orang mengetahui kualitas dan kekurangan suatu produk sebelum memutuskan untuk membeli atau memakainya. Kita sendiri pasti sering kan sebelum beli suatu barang cari dulu reviewnya di Google? Pasti sering juga menemukan review barangnya di blog orang lain.

Nggak cuma bisa membantu orang lain, menulis review produk di blog juga bisa menghasilkan uang lho. Misalnya suatu brand ingin produknya direview di blog kita, maka brand akan memberikan produknya untuk kita pakai dan memberikan fee juga sebagai bayarannya. Selain menulis kelebihan dan kekurangan produk, dalam artikel biasanya blogger menyelipkan backlink atau kata kunci yang kalau diklik pembaca, menuju website dari brand tersebut.

"Gimana sih supaya bisa dapat job backlink?"

Ada platform pihak ketiga yang memfasilitasi para pengusaha dan blogger, salah satunya adalah RajaBackLink. Jadi kalau ada pengusaha/perusahaan yang punya bisnis dan ingin produk/jasanya dipromosikan oleh blogger maka bisa beli backlink disini.

source : Rajabacklink

Saya sendiri sudah tiga kali mendapatkan job dari RajaBackLink. Alhamdulillah nominal fee yang dibayarkan sesuai dengan rate card saya. Makanya tiap ada email penawaran masuk, dengan senang hati saya langsung menerima dengan klik pilihan jual backlink.

Bagi kalian yang punya bisnis, cocok banget menggunakan jasa backlink dari RajaBacklink, karena mereka menyediakan banyak blogger yang siap untuk mereview produk (salah satunya adalah saya *promosi* :p). Cara  daftarnya juga mudah banget kok, tinggal sign up dan isi data-data yang diperlukan.

Masih malas nulis blog? ingat aja kalau review produk bisa dapat penghasilan. Tapi tetap rajin isi konten ya walau belum ada job. Klien juga pasti memilih blog yang rajin update.


Opini


source : Pixabay

Ada isu dan topik yang lagi hits di pemberitaan media? boleh banget kok kita tanggapi dengan opini pribadi, dan tuliskan di blog. Menulis di blog juga lebih enak dibandingkan media sosial karena bisa lebih panjang dan rinci sehingga menghindari terjadinya kesalahpahaman dengan pembaca.

Saya yakin setiap orang punya pemikiran dan opini yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.
***
Itu dia lima ide menulis blog yang bisa kalian pilih. Kalau ide sudah ada, tinggal eksekusinya yang harus disegerakan. Intinya menulislah karena itu akan mengabadikan kenangan dan menebar kebaikan.

Kalau teman-teman ada ide tambahan atau tips jitu untuk mengatasi ide yang buntu, bisa sharing di kolom komentar ya.
11 comments on "Lima Ide Menulis Blog"
  1. Setuju mba, ide lainnya mungkin cerpen yang pernah mba tulis hihi

    ReplyDelete
  2. Wah, aku baru dengar tentang rajabacklink ini. Unik banget ada situs yang menyediakan jasa jual-beli backlink kayak gini. Thank you, Mba untuk info menariknya. Aku pun termasuk blogger lama yang sering buntu "mau nulis apa" di blog ^^;

    ReplyDelete
  3. Mantappp kak! Masih terus berusaha untuk nulis konsisten di blog nih.

    ReplyDelete
  4. Wah aku suka nih tagline menulislah paling ga dengan hikmah, karena meski nulis pengalman yg pahitpun bisa teteup diambil pembelajaran ma yg baca..
    Jd makin semangat nulis euy

    ReplyDelete
  5. Cocok semua idenya,,

    Terutama pengalaman hidup, paling seneng deh baca-baca pengalaman hidup yang memotivasi dari para blogger nusantara..

    ReplyDelete
  6. Terima kasih kak sarannya^^ Berguna banget!

    ReplyDelete
  7. Setuju mbak, kadang kebanyakan mikir malah bikin ga jadi nulis. Padahal ide itu bertebaran di sekitar kita :)

    ReplyDelete
  8. Nice share , akutuh kadang idenya segudang tapi sering lupa nulusnya wkkkk

    ReplyDelete
  9. I love reading a post that can make people think. Also, thanks for permitting me to comment!

    ReplyDelete
  10. Ya, pertama saya ngeblog adalah ngereview produk hehe, tapi produk kamera. setelah hampir 5 tahun ngeblog baru kerasa manfaatnya, banyak yang mulai minta kerjasama. Eh btw terima kasih baru tau ada RAJABACKlink bak. Btw sudah berapa lama pean ngeblog bak?

    ReplyDelete
  11. Akhirnya nemu lagi platform jual beli backlink selain iblogmarket, makasih infonya yaa ^^

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9