Monday, April 9, 2018

Menjelajah Jambi Bikin Jatuh Hati


Sebagai orang asli Jambi saya sangat bangga dengan segala potensi alam dan kebudayaan Provinsi Jambi. Kebanggaan itu tentu saya bawa dengan menyebarluaskan informasi tentang Jambi baik dengan tulisan, proyek sosial dan budaya, sampai obrolan dengan orang-orang dari daerah lain.

Memang Jambi bukan Provinsi yang besar, apalagi Ibu Kotanya yang juga bernama Jambi bukan termasuk kota-kota besar yang sering disebutkan di media nasional. Hal itu tercermin ketika saya berkunjung ke kota lain, bertemu dengan penduduknya dan kami saling bertukar informasi. Ketika saya bilang kalau saya ini berasal dari Jambi, seringkali saya dengar pertanyaan semacam ini "Jambi itu di Sumatera, kan. Di dekat Lampung bukan?" saya langsung tepok jidat mendengarnya. Jambi dan Lampung jauh keleus, beda Provinsi juga.


Maka saya dengan sukarela menjelaskan bahwa Jambi adalah salah satu Provinsi yang terletak di Pesisir Timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi adalah salah satu dari tiga Provinsi di Indonesia yang Ibu Kotanya bernama sama dengan Provinsinya. Luas Provinsi Jambi sekitar 54.345 km2 dengan jumlah penduduk 6.917.852 orang (data website BPS Jambi-2016).

Dengan semangat saya menjelaskan bahwa Jambi memiliki potensi wisata yang nggak kalah indahnya dibanding Provinsi lain di Indonesia. Adat Melayu yang kental di Jambi juga menjadikan penduduknya ramah dan berbudaya.

Berikut beberapa tempat wisata yang wajib kamu jelajahi selama di negeri "Sepucuk Lurah Serumpun Nibung" ini :

❤️Menara dan Jembatan Pedestrian Gentala Arasy❤️


sumber : ig @vegaframe


Tempat ini merupakan salah satu wisata hits di kota Jambi. Letaknya yang berada di tengah kota membuat wisatawan mudah mengaksesnya. Kalau kalian datang ke Jambi nggak lengkap kalau nggak kesini. Jembatan pedestrian Gentala Arasy ini dibuat untuk menghubungkan kota Jambi dan Seberang Kota Jambi. Kalau dulu jika ingin berkunjung ke daerah Seberang, masyarakat Jambi harus menggunakan perahu atau lewat jalan yang jauh memutar. Semenjak jembatan ini dibangun, masyarakat bisa berkunjung kesana hanya dengan berjalan kaki.

indahnya jembatan Gentala Arasy di waktu senja. Sumber : dok.pribadi

Disini wisatawan nggak cuma bisa berjalan kaki sambil menikmati pemandangan sungai Batang Hari, tapi juga bisa berkunjung ke museum melayu Islam yang berada di gedung bawah menara Gentala Arasy. Selain itu juga  bisa menikmati kuliner sambil memandang keindahan alam Jambi.

selalu ramai dikunjungi masyarakat dan wisatawan. (dok.pribadi)


❤️Candi Muara Jambi❤️

sumber foto : Ig @vegaframe
Situs Purbakala Kompleks Percandian Muara Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Budha terluas di Asia Tenggara, dengan luas 3981 hektar. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Lokasinya berada di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Sejak tahun 2009 Kompleks Candi Muara Jambi dicalonkan UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia.

Lingkungannya yang luas dan asri menjadikan Candi Muara Jambi bukan cuma untuk belajar sejarah, tapi juga piknik keluarga. Banyak wisatawan kesini sambil membawa bekal makanan atau menyewa sepeda untuk berkeliling. 

❤️Gunung Kerinci❤️

sumber : ritjani.com


Wah kalau yang satu ini sepertinya cukup terkenal sampai ke mancanegara. Bahkan seringkali wisatawan tahu tentang Kerinci tapi nggak tahu Jambi. Padahal Gunung Kerinci letaknya ya di Provinsi Jambi.

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatera dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat Harimau Sumatera. Makanya kalau mendaki gunung ini, diharapkan berhati-hati dalam menjaga sikap dan ucapan. Konon beberapa pendaki mengaku jika tidak bisa menjaga sikap maka sosok penjaga gunung yaitu Harimau Sumatera akan menampakkan dirinya.

sumber ranseltua.com

Lelahnya mendaki akan terbayarkan dengan keindahan panorama ciptaan Tuhan. Gunung Kerinci  memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah.

❤️Air Panas Semurup - Kerinci❤️

sumber : here

Nggak bisa naik gunung? tenang, di Kerinci masih banyak potensi alam yang bisa dijelajahi. Salah satunya tempat wisata Air Panas Semurup ini. Sumber air panas yang terus menguap ini merupakan fenomena alam yang luar biasa. Saya ingat terakhir kesana, banyak yang berjualan telur mentah dan kecap asin. Jadi kami merebus sendiri telurnya langsung di atas kawah air panas ini. Cukup tunggu sekitar sepuluh menit, telurpun matang. Hawa panasnya sangat cocok mengimbangi dinginnya udara Kerinci karena berada di dataran tinggi.

Subhanallah, benar-benar kuasa Allah SWT.

❤️Danau Pauh, Jangkat, Merangin❤️

source : here


Gambar di atas bukan lukisan lho ya, melainkan sebuah foto yang diambil dari indahnya pemandangan di desa Jangkat, kabupaten Merangin, Jambi. Menikmati tenangnya Danau Pauh dengan latar gunung Masurai, rasanya semua masalah dan penat menguap begitu saja. 

Danau ini memiliki luas sekitar 30 hektar, dan berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Menawarkan keindahan danau yang masih alami. Tempat yang cocok untuk menenangkan diri dari segala penatnya rutinitas. 

***

Itu dia beberapa tempat wisata yang saya rekomendasikan di Jambi. Saya hanya menampilkan lima, padahal masih banyak lagi lho. Tapi kalau ditulis semua takutnya malah dikira bikin naskah buku, bukannya postingan blog. Intinya, kalau kalian datang ke Jambi pasti akan jatuh hati. Indah panoramanya, ramah masyarakatnya, elok budayanya. 

"Bagaimana caranya ke Jambi?"

Eits, lagi-lagi jangan remehkan Jambi. Meski bukan kota besar, Jambi memiliki Bandar Udara internasional lho. Namanya Bandar Udara Sultan Thaha. Sultan Thaha sendiri adalah pahlawan nasional Provinsi Jambi. Tentu saja kalian bisa ke Jambi menggunakan transportasi udara.

source : here

Demi kenyamanan selama perjalanan saya rekomendasikan untuk naik maskapai Garuda Indonesia. Jaman sekarang nggak susah kok untuk beli tiket pesawat. Nggak perlu capek-capek juga ke luar rumah hanya untuk booking tiket pesawat Garuda Indonesia, karena kalian bisa pesan melalui smartphone.

Namun ada baiknya kita memilih agen perjalanan yang memberikan harga terbaik. Sayangnya kalau harus memeriksa satu-satu tentu memakan waktu. Sayang banget kalau waktu yang berharga terbuang banyak hanya untuk mengurusi tiket pesawat.

Untungnya sekarang ada aplikasi Skyscanner, yang membantu untuk mencari harga tiket pesawat terbaik dari berbagai situs agen perjalanan. Gratis, tanpa biaya tambahan.







Membayangkan tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi di Jambi memang menyenangkan, terbayang akan keindahan tepian sungai Batang Hari di Gentala Arasy, atau menyentuh awan di puncak Gunung Kerinci. Tapi jangan sampai nggak jadi liburan hanya karena harga tiket pesawat yang mahal. 

Dengan Skyscanner kita bisa mencari harga tiket pesawat paling murah dari berbagai situs agen perjalanan. Cara ini tentu akan menghemat waktu dibanding harus check situs lain satu persatu. Apalagi untuk tiket pesawat Garuda, beruntung banget kalau bisa naik maskapai terbaik dengan harga yang pas di kantong. 

Jadi jangan salah ya, Skyscanner nggak jualan tiketnya, tapi membantu kita semua untuk memilih harga tiket pesawat terbaik.  Tapi nggak perlu ribet juga habis check harga terus keluar aplikasi dan ketik website agen travelnya. Dari aplikasi Skyscanner langsung bisa beli tiketnya kok. Lihat caranya di bawah ini. 




❤️Kenapa Skyscanner?❤️

πŸ’™ Memudahkan kita untuk mencari tiket pesawat, hotel, dan penyewaan mobil dengan harga termurah dari berbagai situs agen perjalanan.
πŸ’™ hemat waktu, lebih eifisien, daripada harus memeriksa satu-satu situs agen perjalanan.
πŸ’™ Ada aplikasi di android dan iphone, sehingga bisa langsung diakses dari genggaman.
πŸ’™Aplikasinya simple, dengan latar belakang biru dan putih, tidak ada iklan pop up  yang menganggu.
πŸ’™ Kita bisa menyimpan daftar pencarian kita, sehingga ketika dibuka kembali aplikasinya nggak perlu repot lagi menginput rute dan tanggal berpergian.
πŸ’™ Ada menu "jelajahi penawaran terpopuler" dan fitur pencarian "kemana saja"  yang membantu kita saat bingung harus kemana ketika ingin berlibur. 



Kalau saran saya sih, liburan ke Jambi aja yuk. Menikmati wisata alamnya akan membuat kaliah jatuh cinta. Sekiranya suatu hari teman-teman blogger datang ke Jambi, kasih tahu saya ya. Yuk, kita jelajahi nusantara.

Dalam waktu dekat kalian pengen liburan kemana? ceritakan di kolom komentar ya.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog 
yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

30 comments:

  1. Gunung Kerinci begitu gagah dan memukau ya mba, gudlakπŸ’•πŸ’ƒπŸ’ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, membuat siapa saja yg melihatnya berdecak kagum.

      Delete
  2. wah iya, nih. aku juga kalau ditanya bingung jambi itu letaknya di mana. tempat wisatanya juga benar-benar kurang tahu. sekarang jadi tahu deh wisata apa saja yang ada di Jambi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Kan. 2018 lho ini. Tp semoga tulisan saya bisa membantu membuat Jambi lebih dikenal :D

      Delete
  3. Belum pernah ke Jambi. Tapi dengan baca ini jadi tahu wisata di Jambi cakep-cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, semoga suatu hari bisa kesini ya :)

      Delete
  4. Pengen liburan ke Jambi aja deh. Aku baru tahu kalau Jambi punya pesona wisata seperti itu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok ke Jambi, siapa tahu jadi jatuh hati.

      Delete
  5. Wah nice info mba. Moga suatu hari bisa liburan ke Jambi. Danau pauh nya keren yah. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba nur. Kalau ke jambi kasih tahu ya :)

      Delete
  6. Jambi salah satu kota yang pengen aku kunjungi, kebetulan keluarga suami ada yang tinggal disana jadi bisa sekalian silaturahmi... Baru tau kalau tempat wisata di Jambi keren2 hahaha kudet banget deh aku :D beklah, mari masukan Jambi dalam bucketlist tempat buat jalan2, nanti kalau jadi ke Jambi temenin jalan2 ya mba :D

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum, salam kenal dari Arab Saudi !

    JAMBI indah banget alam, budaya dan kulinernya.
    Saya baru nyampai di Lampung.

    Teringat betul : Gunung KERINCI dan CANDI Muara Jambi. Sangat terkenal.

    Wanna be there ..next Insyaallah.
    Terimakasih ... nice sharing.
    Wish you luck yaaa sukses dengan kontes blog nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, thankyou so much. Please come to Jambi one day. :D

      Delete
  8. Blog nya asyeeek buat difollow .. done !

    ReplyDelete
  9. Pengen banget ke Jambi trus ngeteh di pinggir Sungai BatangHari... nikmat banget kayanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mba, sambil ngobrol dan diskusi lebih seru.

      Delete
  10. Waduuh sbg org Jambi baru tau ada wisata yang instagramable gitu
    Bisa jadi referensi nih kalau pulang kampung ehe :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Semarang mba ehe
      Ke Gentala Arasy baru sekali pas malem itu cantik banget lampu-lampunya, ternyata pas senja juga cantik yhaaa haduuu jd kangen rumah wkwk

      Delete
  11. Huauuu.... mata saya semakin melebar, seakan-akan diajak menyusuri jambi, makasih buat mbak yang udah bikin artikel dengan kece badai, semoga menang.... Cmiw... #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah ke Jambi. Waahh keren2 ya ternyata πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  13. wuah udah lama banget gak ke JAMBI, terakhir kesana malah airport-nya masih renovasi wuah sekarang sudah keren banget..

    ReplyDelete
  14. Baru banget dengar aplikasi skycanner ya kak.. Lumayan nih pake garuda mah agak mihil yaa. Hehehe nanti deh saya ceki2 pesawat terbang coba pake aplikasi skycanner siapa tau dapat murah yaa.. Btw pemandangannya bikin sejuk mataa

    ReplyDelete
  15. Kalau semua blogger semangat menceritakan potensi wisata daerahnya seperti ini tentu bakal menghebat kunjungan wisatawan Nusantara di negeri sendiri.

    Baca artikel ini jadi nambah bucketlist saya: JAMBI! Insya Allah dimudahkan ke sana.

    Makasih sharingnya dan salam kenal ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  16. Aduh, sebagai org Jambi jd malu sendiri krn blm pernah ke Kerinci. Cantiknyaaa.
    Skrg udah ada pesawat yah kak ke Kerinci? Jadi ga perlu naik mobil 10 jam hehe.

    ReplyDelete
  17. kalo aku ke jambi temenin ya mb hehehe
    iya aku juga pakai aplikasi skyscanners mb, bisa milih2 tergantung budget juga

    ReplyDelete
  18. Suatu saat pengen juga ke Jambi, ada keluarga juga yang tinggal di Jambi. Tapi dalam waktu dekat sih pengennya bisa ke Sumba atau Ternate Tidore

    ReplyDelete

Silahkan komentar dengan nada positif, no SARA. Terimakasih ^^