Saturday, January 27, 2018

Antara Shiren Sungkar, Katarak, Dan Daun Pegagan

image source : here


Katarak.

Pasti pernah dengar dong ya penyakit Katarak? biasanya penyakit ini menyerang orang yang sudah lanjut usia. Coba deh tanya nenek kakek kita, kalau penglihatannya terasa samar-samar dan berkabut itu adalah salah satu gejala dari penyakit katarak. 

Dulu sebelum saya nikah saya juga pernah ngerasa penglihatan samar-samar, terutama pas baca undangan pernikahan dari mantan calon gebetan. Alhamdulillah semenjak nikah sih udah nggak. *minta kena sambit sendal jepit*.

Balik lagi bahas soal penyakit katarak, sebenarnya apa sih penyakit katarak itu?


Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi. -alodokter.com-

source : google image


Walau nggak menyebabkan rasa sakit tapi pasti menganggu aktivitas dong ya, sekalipun kakek-nenek kita sudah nggak produktif tapi bukan berarti mereka harus diam di rumah saja. Tentu sebagai anak/cucu kita akan bahagia melihat mereka bisa jalan-jalan ke taman, main sama cucu, tanpa harus takut terjatuh atau tersandung karena penglihatan yang kurang jelas. 

Pernah saya mengunjungi nenek, saya sudah senang dan heboh menyapa nenek. Saya cium tangannya, saya cium pipinya dan tanya kabarnya. Eh si nenek malah bilang "Siapa nih? Ella ya?" Oalaaah rupanya penglihatan beliau kurang jelas dia kira saya Ella padahal Ella itu nama kakak saya. Untung saya nggak bilang "Ini Shiren Sungkar, Nek". 

Gejala-gejala Katarak


Katarak pada umumnya menyerang kedua mata penderita dengan tingkat keparahan yang mungkin berbeda-beda dan tidak bersamaan. Penyakit ini berkembang selama bertahun-tahun tanpa terasa oleh penderitanya. 

Katarak tidak menyebabkan rasa sakit atau iritasi. Penderita biasanya akan mengalami penglihatan yang samar-samar dan berkabut. Kemudian akan muncul bintik atau bercak saat penglihatannya kurang jelas. Kondisi ini juga dapat memengaruhi pandangan Anda dengan cara-cara seperti:

 - Mata yang sensitif ketika terkena cahaya menyilaukan.  

- Sulit melihat saat cahaya remang-remang (terutama pada malam hari) atau sangat terang.

- Semua menjadi terlihat ganda.

- Semua terlihat seperti memiliki semburat kuning atau cokelat.

- Ukuran lensa kacamata yang sering berubah.

-  Di sekeliling cahaya terang (misalnya, lampu mobil atau lampu jalan) seperti ada lingkaran cahaya.

- Warna yang terlihat memudar atau menjadi tidak jelas.

Daun Pegagan Untuk Obat Mata Katarak


Kalau sudah merasakan gejala-gejala penyakit Katarak, ada baiknya kita memeriksakan mata ke dokter spesialis. Tapi nggak salah juga kita mencoba alternatif seperti tanaman yang memang sudah diteliti khasiat dan kegunaannya. Toh secara nggak langsung obat-obat  yang kita minum mengandung ekstrak dari dedaunan atau buah-buahan sebagai bahan dasarnya. 

Bagi orang Sunda pasti sudah nggak asing dengan tumbuhan liar ini yang sering ditemukan di perkebunan, ladang, pinggiran sawah, ataupun di selokan di pedesaan. Tanaman ini berasal dari Aisa tropis dan sudah sejak lama dikenal sebaga obat herbal seperti dapat mencerdaskan otak, memperlancar sirkulasi darah, keloid, gangguan saraf dan juga dapat dijadikan sebagai Obat Mata Katarak. Tanaman ini sering disebut dengan antanan bagi masyarakat Sunda dan sering digunakan sebagai lalapan.

Cara membuat ramuan ini cukup mudah, Anda harus mencarinya daun pegagan ini di pematang sawah yang masih segar agar kandungan alami pada daunnya masih terjaga khasiatnya. Ambil secukupnya atau beberapa lembar saja, kemudan cuci sampai bersih dan lumatkan sampai halus dan mengeluarkan cairan berwarna hijau. Setelah itu, saring cairan tersebut sehingga terpisah antara ampas dan airnya. Cairan hasil saringan tadi gunakan untuk tetes mata, gunakan 3 sampai 4 kali sehari untuk mengobati mata katarak Anda. Jika dilakuakn dengan rutin, maka katarak Anda InsyaAllah akan sembuh. 

Selain menjadi tetes mata, daun pegagan juga dapat diminum, caranya daun pegagan 20 lembar, cuci bersih dan rebus dengan air 3 gelas sampai tersisa ¼ gelas. Dan air rebusan tersebut bisa di minum sebagai obat dalam. Itulah cara membuat Obat Mata Katarak dengan menggunakan tanaman herbal.

Semoga informasi tentang daun pegagan untuk obat katarak ini bermanfaat ya,  karena memang nggak dipungkiri banyak tanaman ciptaan Allah SWT di sekitar ini yang banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Yuk mulai peka dan tanya keadaan lansia di dalam keluarga kita bisa orang tua atau nenek-kakek. Kalau mereka mengeluh pandangannya samar-samar atau dia lihat kamu malah mirip Teuku wisnu  / Shiren Sungkar, segera ajak ke dokter mata atau carikan daun pegagan. 

Semoga bermanfaat.


*This is a sponsored post. Opinions expressed are my own. Thank you for supporting brands that support this blog.




10 comments:

  1. Oh baru tahu nih semoga mata kita selalu sehat ya mba aamiin

    ReplyDelete
  2. Info yang sangat bermanfaat.

    Suka sama Shireen Sungkar ya, mba?
    Kirain si Shireen yang katarak, hehehe

    ReplyDelete
  3. Mba, saya teringat pada anak teman saya yang ketika lahir ternyata terkena katarak. Bayi itu lalu dioperasi. Kata dokter harus dioperasi dua kali. Sementara ini baru beres operasi yang pertama. Operasi kedua menunggu si bayi sudah lebih besar dulu. Apakah daun pegagan tadi bisa juga diaplikasikan ke bayi, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayi itu masih sensitif mba sebaiknya jangan ya karena bayi pun belum boleh konsumsi apapun selain asi/sufor di bawah 6 bulan kan. Konsultasi ke dokter adalah yg terbaik. Semoga cepat sembuh utk si dede.

      Delete
  4. masalahnya susah cari daun pegagan ini

    ReplyDelete
  5. Wah saya baru tahu daun pegagan bisa digunakan untuk pengobatan katarak. Makasih ilmunya Bun 🙏

    ReplyDelete
  6. Ternayata alam sebenarnya sudah ada obatnya ya

    ReplyDelete
  7. Ini judulnya bikin pinisirin secara aku juga suka Shireen, wkwkwk. Baru tau kalo pegagan juga bisa buat katarak mba, setau aku buat otak kan ya. Hmm, dan aku baru tau kalo katarak bisa bikin kita terlihat seperti Shireen :D tapi aku mau mirip Shireen sih, terus gimana doonkk :D

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.