Mereka juga bisa berkarya #NapiCraft

Wednesday, December 18, 2013

Assalamualaikum...

Kalau ditanya hobiku apa, salah satunya adalah menulis. Tapi nggak sinkron banget sama blog yang sering terbengkalai :P

Mau cerita soal kerjaan ah,
Kerjaan aku nih kadang-kadang bisa santai banget, kadang-kadang bisa sibuk banget, kadang-kadang bisa santai tapi sekaligus sibuk atau sebaliknya sibuk sekaligus santai.
Jadi Polsuspas atau yang biasa dikenal sipir penjara emang ngeri-ngeri -sedep. Bisa ngebayangin kan yang dihadapin sehari-hari itu orang yang  nakal-nakal gimanaaa gitu makanya bisa dapat tiket ekslusif menginap gratis selama bertahun-tahun di hotel prodeo.

Hal-Hal Yang Membuatku Jatuh Cinta

Sunday, November 24, 2013

Aku selalu jatuh cinta terhadap tiap-tiap yang mampu membuat ku tertawa dan seakan waktu berhenti hanya untuk membiarkan aku bahagia.

Aku selalu jatuh cinta terhadap tiap-tiap yang mampu memberhentikan tangisku dan menggantikannya dengan sunggingan senyuman.

Aku selalu jatuh cinta terhadap tiap-tiap yang mampu membuatku tenang, merasa aman dan nyaman hanya dengan memandangnya.

Pendampingan Sahabat Ilmu Jambi

Thursday, October 31, 2013

Meski mereka rada susah diatur, meski mereka susah untuk duduk diam dan mendengarkan dengan seksama, tapi selalu ada senyum dan tawa yang tulus terpancar dari bocah-bocah itu :)

Sabtu (26/10) kemarin aku dan relawan Sahabat Ilmu Jambi (SIJ) ke panti Al-kautsar untuk pendampingan. Oh ya, aku udah pernah cerita apa tentang komunitasku, Sahabat Ilmu Jambi disini.
Kangen banget sama anak-anak itu, udah lebih sebulan aku nggak ke panti karena sebelumnya masuk asrama untuk prajabatan. Ketemu mereka itu kayak moodbooster. Padahal kepala aku rada pusing karena kurang tidur (abis dinas malem) dan capek juga abis nemenin keponakan berenang. Tapi mereka itu kayak sumber semangat, moodboosternya aku.

"Hai... Apa kabar? masih inget nggak sama kakak?" 
"baik.. masih dong, kak Ein"

Duh, senengnya mereka masih inget meski ada juga lupa :P

22 hari penuh cerita (Prajabatan CPNS Kemenkumham Jambi 2013)

Tuesday, October 8, 2013

“Apa kabar Prajab?”
“Optimis..Luar Biasa! Yes, we can!”

Masih terngiang-ngiang lantangnya suara 53 orang menyuarakan yel-yel tersebut.
Takdir baik yang membawa aku dipertemukan dengan 52 orang ini. satu angkatan CPNS Kemenkumham 2012.

16 september 2013 – 07 oktober 2013
Nggak terasa 22 hari terlewati dengan meninggalkan puluhan, bahkan ratusan kenangan dalam benak masing-masing.

Prajabatan bukan sekedar kegiatan untuk syarat diangkat menjadi PNS. Lebih dari itu, aku temukan banyak hal disini. Ilmu, semangat, motivasi, persaudaraan, persahabatan, keterbukaan, keceriaan, tawa, bahkan air mata.

Happy Second Anniversary Sahabat Ilmu Jambi :D

Saturday, August 31, 2013


Yeaaaaay, Sahabat Ilmu Jambi (SIJ) udah dua tahun. Nggak kerasa, komunitas yang diinisiator oleh senior aku, kak Bella Moulina sampai sekarang masih eksis dan terus berkontribusi khususnya di bidang sosial dan pendidikan di daerah kami tercinta, Jambi.

Buka bersama Sahabat Ilmu Jambi

Thursday, August 1, 2013




Yuhuuu, apa kabar readers? :)

Ini udah masuk puasa yang ke.. masih tetap semangat kan? Puasa nya udah bolong berapa? Atau masih belum ada yang bolong? Hebaaat.
Oh ya, Koleksi sendal gimana? Udah banyak? :P

Oke daripada ngelantur, aku mau cerita kalau hari sabtu (20 juli’13) aku bersama komunitasku, Sahabat Ilmu Jambi ngadain buka bersama di panti asuhan Al-Kautsar. Panti ini memang menjadi asuhan komunitas SIJ yang mengadakan pendampingan setiap minggunya bersama adik-adik asuh disini. 

Alhamdulillah, acaranya berjalan lancar dan seru.  Sambil menunggu waktu berbuka, kami (relawan SIJ dan adik-adik) baca yasin bersama sekaligus tahlilan. Habis itu dilanjutin ceramah dari ustad Ahamad Nopriansyah. Beliau menyampaikan dengan bahasa yang ringan bahwa kita semua harus bersyukur terutama untuk adik-adik asuh, mereka adalah orang-orang kuat yang Allah pilih sehingga mereka harus hidup bersama dengan rukun di panti asuhan. 

Serunya pas sesi tanya jawab, ada-ada aja pertanyaan dari adek-adek asuh yang bahkan kakak-kakak relawan aja nggak kepikiran. Misalnya “Kebahagiaan itu apa?” atau “Kesuksesan itu diukur dari apa?” ada juga yang nanya “Di dalam Alqur’an dibilang kalau orang yang mencuri hukumannya potong tangan. Terus kenapa kalau di Indonesia orang yang mencuri tidak dipotong tangan melainkan hanya di penjara? Apa orang-orang di negara ini melalaikan ajaran Allah?”

Kesendirian

Friday, July 12, 2013

Apa yang kau takutkan dari kesendirian jika di keramaian pun kau hanya diam?


Apa yang kau khawatirkan dari kesendirian jika di keramaianpun kau tak merasa aman?


Apa yang kau resahkan jika di keramaian, kenyamanan tak pernah kau dapatkan?



Sudah? Cukupkah tiga kalimatku di atas untuk sekedar membangunkanmu yang terlalu asyik bermimpi menjadi orang lain, hanya karena takut akan kesendirian?



 

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa ;D

Thursday, July 11, 2013

Assalamualaikum... warahmatullahi..wabarokaaatuuu.
*jawab oi, jangan dibace aje. Jawab salam kan wajib*

Horeee, bulan Ramadhan datang kembali. Bulan yang dinanti-nanti karena ini kesempatan untuk nuker sandal lama sama sandal baru di masjid memperbaiki diri, bulan yang menyenangkan karena dimana makanan dan minuman lebih dihargai daripada bulan-bulan biasa. Bulan dimana harus nahan untuk nggak ngomel-ngomel disaat disalip angkot yang nyetir seenak jidat di jalan raya. Bulan dimana untuk nggak galau mikirin gebetan yang nggak pernah mikiran kita #eh. Pokoknya bulan Ramadhan harus menjadi bulan dimana kita akan semakin dekat dengan-Nya. Amiiiiiiinn.

Jadi Sipir Itu Rasanya....

Thursday, July 4, 2013

Sebelum masuk kerja, aku sempat was-was dan mikir "ya Allah... yang bakalan aku hadapin itu para narapida. Penjahat. Kalau ada yang gahar gitu gimana ya?". Beneran deh, aku jadi kebayang kayak adegan-adegan di sinetron yang menggambarkan kehidupan di penjara yang keras. Ada narapidana yang lemah dan tertindas kemudian ada narapida yang berkuasa karena dia kuat dan banyak tattonya. Aku mikir gimana ya cara menangani kalau ada narapidana yang ngamuk terus khilap melayangkan bogem mentahnya ke aku. Aku harus apa coba? nggak ada satu bela diripun yang aku kuasai. Kalaupun ada jurus yang aku pelajari palingan cuma jurus "pukul-pukul-bahu-manja-manya-menye"

Ternyata sinetron emang cuma rekayasa. Pada kenyataannya nggak gitu kok. Aku kerja di Lembaga Pemasyrakatan khusus anak dan wanita. Ternyata mereka semua baik-baik. Memang sih, kalau mereka baik-baik mereka nggak akan ada di dalam sana. Tapi aku yakin, mereka semua orang baik. Cuma, di luar sana terlalu banyak faktor yang membuat mereka berbuat jahat dan akhirnya bertemu sipir kece kayak aku di lapas *nyelipin kenarsisan dikit boleh dong ya*




Datang dan Pergi

Saturday, June 29, 2013

Setiap orang bisa datang dan pergi di kehidupan kita. Ada yang kepergiannya kita tangisi, ada yang kepergiannya kita syukuri.

Kita tidak pernah tahu untuk apa seseorang masuk di kehidupan kita sampai kita mengenalnya lebih dekat. Dari kedekatan itu barulah kita akan merasakan beratnya kepergian atau bisa juga merayakan kepergian.

Ada orang yang datang di kehidupan kita dengan cara yang biasa saja dan pergi dengan cara yang biasa-biasa pula. orang seperti ini biasanya tidak akan meninggalkan bekas apapun di dalam hati.

Ada orang yang datang di kehidupan kita dengan cara yang nggak biasa. Kedatangannya begitu berkesan, tapi kepergiannya tidak pula meninggalkan kenangan.

Ada orang yang datang dengan cara yang biasa-biasa saja di kehidupan kita, hingga kita tidak menyadari entah bagaimana awal mulanya dia bisa ada dalam bagian cerita kehidupan kita. Meski biasa, tapi dia pergi dengan cara yang tak biasa, meninggalkan banyak kenangan dan pertanyaan.

Dan ada pula yang masuk di kehidupan kita dengan cara yang nggak biasa, pergi pun dengan cara yang luar biasa. Tipe seperti ini biasanya akan menimbulkan luka hati yang mendalam, yang hanya bisa disembuhkan oleh waktu.

...................................................................................................................

Ku Tulis Dengan Haru

Tuesday, May 7, 2013

Aku nggak pernah malu kalau lelaki paruh baya itu mencium keningku, pipiku dan memelukku di depan teman-temanku. Aku nggak pernah malu kalau wanita paruh baya itu mengelus kepalaku dan mencium pipiku bahkan di keramaian sekalipun. Aku bahkan menyukainya, merindukannya. Ialah lelaki dan wanita paruh baya itu kedua orangtuaku.

Ma, Pa.

"Bobo, Teman Bermain dan Belajar"

Sunday, April 28, 2013

"Bobo, Teman Bermain dan Belajar"

Ada diantara kalian yang ingat bahkan akrab dengan kalimat di atas? 
Atau malah ngefans sama tokoh kartun kelinci yang memakai baju dengan inisial "B" dan bertingkah layaknya bocah laki-laki yang menggemaskan? 



Yap, aku dan kamu dan kita mungkin dari kecil udah akrab sama tokoh Bobo dan keluarganya, Paman Kikuk husin dan hasta, Nirmala dan Oki, Bona dan Rong-rong, serta masih banyak toko dan cerita menarik lainnya di dalam Majalah Bobo. Majalah anak-anak yang terbit mingguan ini memang sudah terbit sejak 14 april 1973.

Tak Pernah Menyangka Akan Menjadi Begini

Tuesday, April 16, 2013


Sedari kecil, semenjak aku mengenal apa yang dinamakan cita-cita, Semenjak guru di sekolah atau orang-orang terdekat menanyakan akan menjadi apa ketika aku besar nanti, Semenjak aku tahu begitu banyak ragam jenis profesi di dunia ini, tak pernah sekalipun terlintas di pikiran aku akan menjadi seorang pegawai pengamanan pemasyarakatan atau biasa disebut sipir.

Sewaktu di Sekolah Dasar, aku bercita-cita jadi Dokter karena aku pikir mereka yang berjas putih dan dapat menyembuhkan penyakit orang lain itu sangatlah keren. Di pikiran seorang anak SD waktu itu, dokter adalah pekerjaan yang paling mulia di dunia. Setelah beranjak ke bangku SMP, aku sadar ternyata jadi Dokter itu emang keren dan mulia tapi prosesnya nggak gampang. Kuliahnya lama, butuh otak yang pintar di atas rata-rata dan biaya menempuh pendidikan dokter pun sangat mahal. Mengingat otak dan kemampuan finansial orangtuaku yang pas-pasan maka aku mencoret profesi dokter dari keinginan dan cita-citaku.

Setelah menghapus mimpi jadi dokter, aku mencoba merubah cita-cita ingin menjadi pengusaha. Aku pengen suatu saat nanti buka toko kue. Aku emang nggak bisa bikin kue, tapi aku suka makan kue. Mungkin cukuplah hobi makan sebagai modal awal :p

Perjalanan Sahabat Ilmu Jambi ke Desa rukam dan Sakean

Saturday, March 23, 2013



Assalamualaikum...

Udah lama aku gak posting blog, padahal koneksi internet lancar-lancar aja sih tapi mood nulisnya yang nggak lancar huhuhuh.

Aku mau cerita tentang perjalananku bersama komunitas Sahabat Ilmu Jambi (SIJ) ke Desa Rukam dan Sakean. Oh ya sebelumnya aku udah pernah cerita tentang komunitas SIJ disini.

Beberapa waktu lalu antara bulan Januari-Februari beberapa wilayah di kota Jambi terkena musibah banjir yang disebabkan curah hujan yang tinggi dan meluapnya permukaan sungai terpanjang di pulau Sumatera, sungai batanghari.

Aku Rindu Aku yang Dulu

Wednesday, January 30, 2013


Aku Rindu Aku Yang Dulu
Aku rindu
Semu malu-malu merah jambu dari pipiku

Aku rindu
Binar mata ceria dengan bola mata bulat penuh

Aku rindu
Gelak tawa lebar hingga tertarik otot pipiku

Thank You 2012, Welcome 2013 [Enny Luthfiani]

Tuesday, January 8, 2013

"Akan ada lebih banyak warna"



2012 itu tahun yang penuh warna bagi aku, kayaknya semua warna di dunia ini ada di tahun 2012. Sebelumnya ada yang tau nggak di dunia ini ada berapa banyak warna sih? Aku taunya Cuma 12 itupun nyontek di kotak crayon punya anak tetangga.

Sebagai seorang anak tujuan hidup di dunia ini adalah untuk membahagian orang tua karena kalau mau membahagiakan anak dan suami belum punya. Di tahun 2012 aku dapat kalimat yang sangat menyentuh dari orangtua aku “Makasih ya nak, udah bikin mama papa bangga”. Anak mana sih yang nggak meleleh disaat orangtuanya bilang kalimat kayak gitu.

Macam-Macam Jenis Amnesia Versi Cewek Baru Bangun Tidur

Halo pembaca blog aku, selamat pagi.

Ini adalah postingan pertama sejak 2013. Yeaaay HAPPY NEW YEAR! *telat*

Ini baru hari ke-delapan dari bulan pertama di tahun 2013 tapi udah ada resolusi 2013 yang aku langgar. Aku punya resolusi untuk bangun setiap jam 5 pagi, sholat subuh kemudian dilanjutkan dengan beres-beres rumah. Tujuannya belajar untuk jadi wanita sejati yang sholehah dan pandai mengurus rumah agar kudapatkan kelak pria ganteng, mapan, sholeh nan rupawan. Tapi apa daya, aku bangun pukul setengah enam, aku sholat kemudian aku menuju kasur lagi. Dan.... bangun jam 11 pagi.

Haaaaah, ya sudahlah masih ada hari ke-sembilan, ke-sepuluh, dst.. untuk menepati resolusi menjadi wanita sejati itu. ck.
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS