Happy 1st Anniversary SAHABAT ILMU JAMBI :D

Monday, August 6, 2012

Happy 1st Anniversary SAHABAT ILMU JAMBI :D *yeaaay* *party*


5 agustus 2012 kemarin, komunitasku Sahabat Ilmu Jambi (SIJ) genap usianya satu tahun. Bener-bener nggak kerasa. Selama satu tahun disana banyak suka duka yang aku rasain. Tapi.. kebanyakan sukanya sih :D eh, buat kamu yang kebetulan nyasar di blog ini dan kebetulan baca tulisan aku yang rada waras ini (tulisan lain pada ngaco soalnya) aku jelasin lagi ya apa itu SIJ. Sebelumnya aku udah pernah cerita disini.


Baiklah, aku cerita lagi deh. Jadi gini, pada suatu hari.. ada seorang kakak senior di kampusku yang baik hati, manis dan kurang kece (karena yang paling kece hanya aku) bikin postingan di blog, facebook dan twitter yang isinya mengajak siapapun yang mau menjadi sukarelawan untuk mendampingi anak-anak panti asuhan di kota Jambi dalam meningkatkan minat baca dan tulis.

Pucuk dicinta gayung bersambut (kayaknya.. ada yang salah sama pepatah ini, ah sudahlah apalah arti sebuah pepatah yang penting kalian ngerti kan maksud aku). Aku langsung tertarik dan bilang ke kk senior ku itu untuk mau bergabung dan menjadi relawan. Dari duluuu banget, aku emang pengen ngajar anak-anak jalanan atau anak-anak yang kurang beruntung. Cuma dulu itu ya ada niat aja, action nya belum. Untungnya seniorku itu punya ide brilian untuk membuat komunitas SIJ.

Di SIJ, aku dikasih pelatihan gimana caranya menghadapi anak-anak panti asuhan (disebut sebagai adik asuh) yang karakternya macem-macem. Udah dikasih pelatihan, arahan serta beberapa kali diskusi barulah aku dan relawan-relawan lainnya terjun langsung ke panti asuhan. SIJ sekarang menaungi dua panti asuhan di kota Jambi. yaitu panti asuhan Darul Aitam dan panti asuhan Madinatul Aitam, dua-duanya ada di daerah 16. Aku dapat di panti asuhan Madinatul Aitam.

Kebetulan aku dapat dua orang adik asuh, namanya Raja dan Riska. Raja umurnya 10 tahun tapi masih kelas 2 SD, itu karena dia sebelum masuk panti asuhan putus sekolah karena kedua orangtuanya udah gak ada dan dia diasuh nenek-kakeknya yang juga nggak mampu ngebiayain dia sekolah. si Raja ini anaknya cuek banget, susah banget caranya ngedapetin perhatian dan fokus dia. Tapi lama kelamaan, karena intensitas ketemu juga, dia sekarang udah mau diem walaupun setengah jam untuk membaca buku. Raja paling suka sama buku tentang kisah para nabi dan sahabatnya yang tulisannya besar-besar dan banyak gambar. Lain lagi dengan Riska, dia kelas 3 SD. Pada dasarnya si Riska ini udah hobi baca, anaknya juga pinter, selalu juara kelas. Tapi sayangnya si Riska anaknya tertutup banget dan nggak banyak cerita.

Duh, bisa abis berapa lembar kalau aku ceritain semua detail tentang mendampingi mereka dari awal. Mungkin bisa bikin buku, trus aku jadi penulis terkenal. Tapi kayaknya aku belum siap, masih pengen ngurusin kuliah, terutama ngecengin senior ganteng di kampus. #eh #salahfokus

Pokoknya selama setahun bergabung bersama SIJ aku ngerasa seneng banget. Seneng rasanya bisa berbagi meskipun nggak banyak dan bukan dalam bentuk materi ke mereka yang mungkin nggak seberuntung mereka. di SIJ juga aku jadi tau, kalau ada anak yang masuk panti asuhan bukan semata-mata kedua orangtuanya meninggal dunia tapi juga ada yang anak yatim atau anak piatu yang orangtuanya udah nggak mampu lagi ngebiayain hidup dan biaya sekolah mereka. Jadilah mereka dimasukkan ke dalam panti asuhan. Pilihan yang baik meskipun berat, daripada anak ditelantarkan dan akhirnya mereka mencari jati diri di luar sana dengan cara yang salah.

Selain itu, di SIJ juga aku ketemu dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda tapi kami punya niat dan tujuan yang sama. Semuanya ingin berbagi, semuanya ingin melakukan sesuatu demi perubahan yang lebih baik, meski kamu semua kadang tersandung tembok keterbatasan, sedikit demi sedkit, saling bahu membahu berusaha meruntuhkan tembok keterbatasan tersebut. Cailaaaah bahasa aku berat bener, ntah ini lagi dapat wangsit darimana :p

Selamat ulang tahun SIJ, semoga SIJ makin maju, makin dikenal banyak orang karena dengan begitu semoga makin banyak yang tergerak dan turut membantu kita dalam membuat perubahan yang lebih baik terutama di bidang sosial dan pendidikan. Semoga SIJ anggotanya makin solid, kompak, dan memegang teguh komitmen. Semoga suatu hari nanti, SIJ bukan cuma komunitas tapi jadi yayasan yang isinya ada sekolah SAHABAT ILMU JAMBI dimana sekolahnya berkualitas tapi gratisan untuk mereka yang nggak mampu. hihihi Amiin.

bersama SIJ, aku yakin.. aku bisa.. kita bisa.. terus menebar ilmu dan membuka cakrawala :)






Nb : oh ya, kalau mau tau kakak senior ku yang mencetuskan ide membuat komunitas SIJ, yang tadi aku bilang orangnya baik hati, manis dan kurang kece. klik disini ya. :)

1 comment:

Silahkan komentar dengan nada positif, no SARA. Terimakasih ^^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS